10 Pesan Syaikh Jibrin rahimahullah Agar Tetap ‘Survive’ Pasca Ramadhan

Apa setelah Ramadhan? Di saat bulan Ramdhan Ibadahku begitu hebat di hadapan Allah, kuperbanyak sholat sunnah, kunikmati segala macam ibadah, kuperbanyak baca Al-Qur’an, tak pernah satu sholat jamaah pun terlewatkan, putus dari segala tontonan yang haram….

Akan tetapi….setelah Ramadhan semua itu hilang, aku tidak lagi menemukan kelezatan, semangat ibadah patah begitu saja, hingga sholat subuh berjamaah pun luput dariku…apalagi sholat sunnah, baca Al-Qur’an…uuuuuh..

Adakah solusi untuk mengatasi semua ini?

Berikut 10 Pesan Syaikh Jibrin rahimahullah Agar Tetap ‘Survive’ Pasca Ramadhan:

1] Sebelum yang lain, berdoa kepada Allah agar diberikan petunjuk dan keteguhan. Allah memuji doa orang-orang yang teguh pendiriannya,

رَبَّنَا لَا تُزِغْ قُلُوبَنَا بَعْدَ إِذْ هَدَيْتَنَا وَهَبْ لَنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةًإِنَّكَ أَنْتَ الْوَهَّابُ

“Ya Tuhan kami, janganlah Engkau jadikan hati kami condong kepada kesesatan sesudah Engkau beri petunjuk kepada kami, dan karuniakanlah kepada kami rahmat dari sisi Engkau; karena sesungguhnya Engkau-lah Maha Pemberi (karunia).”(QS. Ali Imran: 7)

2] Bersanding bersama orang-orang shaleh, tak lepas dari majlis mereka, dan luput mengunjuinya untuk menimba ilmu.

3] Mengenal lebih jauh kisah perjalanan orang-orang shaleh, baik melalui membaca buku, mendengarkan kaset, terutama kisah perjalanan para sahabat sebab mereka tak diutus kecuali dalam semangat yang tinggi dan tekad yang kuat.

4] Memperbanyak menyimak-dengarkan kaset-kaset islami yang bermanfaat, seperti khutbah, nasihat-nasihat, dan mengunjungi studio-studio Islam.

5] Konsisten dan tetap semangat mengikuti sholat fardhu berjamaah, dan segera melunasi hutang puasa, sebab sesungguhnya pada perkara fardhu terdapat kebaikan yang besar.

6] Konsisten dan tetap membiasakan diri dengan ibadah-ibadah sunnah kendati sedikit. Sebab amalan yang paling dicintai oleh Allah adalah yang konsisten dilakukan walau sedikit demi sedikit seperti yang pernah disebutkan oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam.

أَدْوَمُهُ وَإِنْ قَلَّ

“Amalan yang rutin (kontinu), walaupun sedikit.”[HR: Muslim]

7] Mulai menghafal Al-Qur’an, membiasakan diri membacanya, dan membaca apa yang telah dihafal saat menunaikan sholat.

8] Memperbanyak zikir dan istigfar, keduanya sangat ringan namun manfaatnya teramat besar, bisa menambahkan iman dan ketakwaan.

9] Menjauhkan diri sejauh-jauhnya dari segala hal yang dapat merusak hati, dari teman-teman yang buruk, dari tontonan-tontonan yang merusak, dari musik dan dari majalah-majalah cabul.

10] Terakhir, saya ingin mewasiatkan kepada kalian agar lekas bertaubat. Tentu taubat nasuha, taubat yang tanpa pernah menoleh kepada masa lalu yang buruk, sebab sesungguhnya Allah amat gembira dengan hamba yang bertaubat.

Jangan pernah seperti sebuah kaum yang hanya mengenal Allah di musim Ramadhan. Para pendahulu kita pernah berkata: “Sejelek-jelek kaum adalah kaum yang tidak mengenal Allah kecuali hanya pada bulan Ramdhan.”

Sampai jumpa di Ramdhan berikutnya, semoga kita selalu diberikan kesehatan, keselamatan dan istiqomah di atas agama Allah.

Sumber: https://ar.islamway.net/article/1000/10-وسائل-للمداومة-على-العمل-الصالح-بعد-رمضان

Dasbo Street, Rabu, 05/06/17

Pengasuh: Pemburuilmu.com

[Marwan AM, Lc حفظه الله تعالى وغفر الله له ولوالديه]

 

Bagikan :

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*