2 hal Hilangkan Ilmu

Lombok Timur—Allah Ta’ala tidak memberikan ilmu kepada hamba melainkan sedikit, sudah begitu tanpa sadar hamba kerap ditimpa 2 hal yang dapat menghilangkan ilmu tersebut. Nah, 2 hal ini kembali diingatkan Ustadz. Mizan Qudsiyah dalam mukaddimahnya pada kajian rutin Selasa malam (05/01/2016) yang bertema,” Ibadah Hanya Kepada Allah Ta’ala.”

Masjid Fauzan Bagiknyaka2

Sebelumnya, kepada jamaah Ustadz yang enerjik itu menyebutkan ucapan Muhammad bin Ja’far, ucapan yang mengandung makna bak pemantik bagi para penuntut ilmu.

قال جعفر بن محمد :”القلوب ترب و العلم غرسها،والمذاكرة ماؤها،فإذا انقطع عن الترب ماؤها جف غرسها.”(الجامع لأخلاق الراوي و آداب السامع : ٢٧٨/٢)

“Muhammad bin Ja’far mengatakan: ‘Hati ibarat tanah, ilmu tanamannya, muzakarah (mengulang) airnya, jika air putus dengan tanah, maka akan mengering tanaman tersebut,” ucap beliau semangat.
Maka, lanjut Ustadz. Mizan, dengan menuntut ilmu kita menyirami tanaman tersebut. Karenanya dalam berbagai kitab ada hal-hal yang kadang diulang-ulang. Dan ini kita akan terus mengulang-ulang kajian kita.
Kemudian, 2 hal yang kerap dapat menghilangkan ilmu tak lupa diingatkan.
Imam Az-Zuhri, katanya, menyebutkan yang mengilangkan ilmu itu ada 2:

  1. Lupa dan
  2. Tidak mengulangi.

قال الزهري :”إنما يذهب العلم النسيان و ترك المذاكرة.”(جامع بيان العلم و فضله : ١٠٨/١)

“Imam Az-Zuhri mengatakan: ‘Sesungguhnya yang menghilangkan ilmu adalah: Lupa dan tidak mengulangi,” ujarnya kepada para jamaah
Selasa, 05/01/2016

Marwan AM, حفظه الله تعالى

Bagikan :

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*