Agama Akan Hilang Seiring Ditinggalkannya Sunnah

[[Seri 11] Mengungkap Kebenaran, Menindih Kebatilan]

Sungguh telah berkata Abdullah bin Mas’ud:

يجئ قوم يتركون من السنة مثل هذا –يعنى مفصل الأصبع- فإن تركتموهم جاءوا بالطامة الكبرى ,وإنه لم يكن أهل كتاب قط إلا كان أول ما يتركون السنة, وإن آخر ما يتركون الصلاة,ولولا أنهم يستحيون لتركوا الصلاة”.

Akan datang suatu kaum yang meninggalkan sunnah seperti ini -yakni persendian jari-jemari- dan jika kalian membiarkan mereka, maka mereka akan datang dengan membawa malapetaka yang lebih besar.

Sesungguhnya tidak ada seorang Ahli Kitab pun, kecuali merekalah yang pertama kali meninggalkan sunnah dan yang paling akhir mereka tinggalkan adalah shalat.

Dan sendainya mereka tidak mau menghidupkannya, pastilah mereka akan meninggalkan shalat.” (Diriwayatkan oleh Al-Laalikaa`iy dalam Syarh I’tiqaad Ahlil Hadiits 1/91)

Abdullah bin Ad Dailamy berkata :

بلغني أن أول ذهاب الدين ترك السنة، يذهب الدين سنة سنة، كما يذهب الحبل قوة قوة.

Sesungguhnya sebab pertama hilangnya agama ini adalah meninggalkan Sunnah. Agama ini akan hilang sunnah demi sunnah sebagaimana lepasnya tali seutas demi seutas.” (Ad Darimy 1/58 nomor 97,)
Beberapa poin penting:

• Dilarang keras meninggalkan Sunnah
• Akibat meninggalkan Sunnah hilangnya agama
• Pentingnya menjaga dan memelihara Sunnah dan mendakwahkannya, agar agama tidak hilang dan penyebarannya semakin meluas
• Amat sangat berbahaya akibat meninggalkan Sunnah

Jum’at, 30 September 2016

[Marwan AM, Lc حفظه الله تعالى وغفر الله لوالديه]

Bagikan :

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*