Beda Situasi, Beda Pahala Baca Al-Qur’an

Di mata yang Maha Kuasa, membaca The Holly Al-Qur’an memang beda dibanding membaca bacaan yang lain. Bila Al-Qur’an mendatangkan pahala maka yang lain tidak. Bahkan dikabarkan, satu hurufnya diganjar sepuluh kali lipat. Artinya bila satu huruf bernilai 10, maka tiga huruf akan bernilai 30, dan seratus huruf akan bernilai 1000 pahala. Begitu besar pahala membaca Al-Qur’an. Ini pahala di luar sholat, lain lagi cerita pahalanya di dalam sholat. Memang The Holly Qur’an begitu agung, beda keadaan beda pula pahalanya, dan ini hanya berlaku pada Al-Qur’an.

Mengenai pahala di dalam sholat, Allah Subhahu wa Ta’ala berfirman, pada surat Al-Isra’, ayat 79:

وَمِنَ ٱلَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِۦ نَافِلَةً لَّكَ عَسَىٰٓ أَن يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَّحْمُودًا

“Dan pada sebagian malam hari sholat tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji. ”

Juga pada surat Fatir, ayat 29 dan 30:

إِنَّ ٱلَّذِينَ يَتْلُونَ كِتَٰبَ ٱللَّهِ وَأَقَامُوا۟ ٱلصَّلَوٰةَ وَأَنفَقُوا۟ مِمَّا رَزَقْنَٰهُمْ سِرًّا وَعَلَانِيَةً يَرْجُونَ تِجَٰرَةً لَّن تَبُورَ

“Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca kitab Allah dan mendirikan shalat dan menafkahkan sebagian dari rezeki yang Kami anugerahkan kepada mereka dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perniagaan yang tidak akan merugi.”

Dalam riwayat Abu Dawud (1/221), Rasulullah shallalohu’alaihi wasallam bersabda:

من قام بعشر آيات لم يكتب من الغافلين و من قام بمائة آية كتب من القانتين و من قرأ بألف آية كتب من المقنطرين

“Barangsiapa berdiri (shalat) membaca sepuluh ayat dia tidak dicatat sebagai orang-orang yang lalai, barangsiapa berdiri (shalat) membaca seratus ayat dicatat sebagai qanitin (orang yang tekun dalam beribadah), barangsiapa membaca seribu ayat maka dia tercatat sebagai muqantarin (orang yang meraih banyak kemenangan dan kebaikan).”

Dalam riwayat Muslim (802), juga Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

 أيحب أحدكم إذا رجع إلى أهله أن يجد فيه ثلاث خلفات عظام سمان؟ قلنا نعم، قال: فثلاث آيات يقرأ بهن أحدكم في صلاته خير له من ثلاث خلفات عظام سمان 

 “Sukakah salah seorang diantara kalian apabila kembali ke rumahnya mendapati tiga ekor unta gemuk besar yang sedang hamil? Kami berkata: “Tentu”. Beliau bersabda: “Sesungguhnya tiga ayat yang yang dibaca saat shalat lebih baik baginya daripada tiga ekor unta gemuk besar yang sedang hamil”.

Di ruang hujan, Rabu, 23/11/2016

[Marwan AM, Lc حفظه الله تعالى وغفر الله لوالديه]

Bagikan :

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*