Pesan Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah untuk Ummat Islam: Jadilah Adam Jangan Jadi Iblis

Bagik Nyaka— Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah atau yang bernama Ahmad bin Abdul Halim -rahimahullah-, yang terlahir sebagai ulama besar di belahan dunia Islam, menyisakan banyak nasihat dan petuah dalam karya-karyanya bagi ummat Islam.

Dalam perjalanan dakwahnya, Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah (bisa jadi) kerap menjumpai sebagian ummat Islam layaknya Iblis. Bagaimana? Salah satu sifat Iblis yang banyak diikuti oleh sebagian mereka adalah: ketika berbuat dosa tidak mau bertaubat, malah membangkang.

Hal inilah yang membuat Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah mengirimkan nasihat dan petuahnya kepada ummat Islam agar tidak mengikuti langkah dan jejak Iblis, namun tetap dengan sifat dan jati dirinya sebagai manusia mengikuti bapaknya (Adam alaihissalam).

Dalam buku fatwa Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah, Majmu’ Fatawa (8/64), disebutkan Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah menuliskan nasihat dan petuahnya untuk ummat Islam.

“Adam alaihissalam ketika berbuat dosa, ia lekas bertaubat, maka Allah pun memilihnya (sebagai khalifah di muka bumi) dan memberikannya hidayah. Sementara Iblis ketika berbuat dosa, ia malah membangkang, maka Allah pun melaknat dan menjauhkannya dari hidayah,” ujar Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah.

Kemudian Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah menegaskan sekaligus menguraikan untung-ruginya.

“Barangsiapa yang bertaubat setelah melakukan dosa, maka ia serupa Adam alaihissalam, dan barangsiapa yang terus melakukan dosa, dan malah membangkang dengan dalih takdir, maka ia layaknya Iblis.

Yang beruntung adalah orang-orang yang mengikuti bapaknya (Adam alalihissalam), dan yang celaka adalah orang-orang yang mengikuti musuhnya (Iblis laknatullahi alaihi),” tulisnya.

Demikianlah pesan Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah. Lalu Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah berdoa, kita memohon kepada Allah agar diberikan hidayah menapaki jalan yang lurus, jalan yang telah ditempuh oleh orang-orang yang telah diberikan nikmat oleh Allah, yaitu para nabi, siddiqiin, syuhada, dan orang-orang saleh.

Rabu, 23/12/2015

Marwan AM, حفظه الله تعالى

Pesan Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah untuk Ummat Islam: Jadilah Adam Jangan Jadi Iblis

Bagikan :

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*