Setiap kebaikan adalah sedekah

Ustadz. Abdullah Husni: Segala Kebaikan Adalah Sedekah & Bersedekahlah Walau dengan Sepotong TikTak

sedekah

Bagik Nyaka–Sedekah tidak hanya seperti yang umum diketahui banyak orang, yaitu mendermakan harta, berinfak dengan uang dan lain sebagainya. Namun, sebut Ustadz. Abdullah Husni hafidzahullah, segala kebaikan adalah sedekah.

“Segala kebaikan adalah sedekah,” sebutnya pada kajian rutin pagi Jumat (18/12/2015), di Masjid Fauzan Al-Fauzan Bagik Nyaka dengan membawakan hadist Nabi shallahu alaihi wassallam;

«كُلُّ مَعْرُوفٍ صَدَقَةٌ »

(“Setiap kebaikan adalah sedekah”) (HR. Bukhari)

Senyum misalnya, menyunggingkan senyum kepada orang lain dinilai sebagai sedekah, karena ia merupakan kebaikan. Demikian pula menyingkirkan duri di jalan, membantu orang lain dengan tenaga terhitung sebagai sedekah, karena kedua perbuatan tersebut adalah kebaikan. Intinya segala kebaikan apapun bentuknya bernilai sedekah di sisi Allah jika merujuk pada hadist di atas.

Lebih lanjut, Ustadz yang belum lama berpoligami ini mengatakan, sedekah harta tidak harus banyak, yang paling penting ikhlas. Bersedekah dengan sepotong kurma, pahalanya bisa lebih besar daripada 1 ton tapi tidak ikhlas.

“Rasulullah SAW bersabda, ‘Takutlah engkau kepada neraka, sekalipun dengan jalan bersedekah sepotong kurma.'” ucapnya membacakan hadist Nabi shallahu alaihi wassallam.

Dijelaskannya, apalah artinya hanya sepotong kurma, mungkin harganya hanya 250 perak, tak berharga, tapi ikhlas kepada Allah bisa menyelamatkan dari api neraka. Kalaupun tidak bisa dengan sepotong kurma, mungkin dengan sepotong permen, atau sepotong tiktak.

Kalau tidak bisa juga dengan semua itu, “Maka hendaklah besedekah dengan mengucapkan perkataan yang baik.” HR. Muttafaq ‘alaih.

Di balik jendela kosong, Jumat, 18/12/2015

Marwan AM, حفظه الله تعالى

Bagikan :

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*