Tamu Spesial Itu Kembali Berkunjung

Jamaah Lombok bakal dikunjungi tamu spesial. Adalah Ustadz Firanda Andirja hafidzahullah yang kini sudah bergelar doktor kembali dijadwalkan isi kajian akbar.
 
Bagi jamaah, kedatangan ustadz yang berkuniyah Abu Abdil Muhsin itu memang bukan yang pertama namun selalu terasa spesial.
 
Seperti tertulis di pamflet, kajian akan dihelat di masjid Sulaiman Fauzan Al-Fauzan yang berlokasi di Ma’had Assunnah, Bagik -Nyaka, Aikmel, Lotim, NTB.
 
Kajian akan dilangsungkan Kamis, tanggal 15 Desember 2016. Biasa, mulai setelah magrib sampai selesai. Tema yang akan dibawakan adalah: Tafsir Ayat-ayat Cinta Suami Istri.
 
Berbahagia yang dapat hadir langsung, namun yang [terpaksa] berhalangan tidak perlu bersedih, sebab kajian tetap bisa disimak-ikuti via SATU Radio 105.4 Mhz, atau via Streaming di http://assunnahfm.com/ atau via Android apps NuxRadio dan TuneIn Area Nusa Tenggara Barat – NTB
Alhamdulillah, kini SATU Radio Lombok tersedia di Aplikasi Android. Programnya kecil, silahkan disebar dan download di: https://goo.gl/HWpI9Y
========
Sedikit Tentang Beliau
 
Ustadz Dr. Firanda Andirja Abidin, Lc., MA. (lahir di Surabaya, 28 Oktober 1979; umur 37 tahun), yang lebih dikenal dengan nama Firanda Andirja dengan bernama kuniyah Abu Abdil Muhsin adalah seorang da’i dan mubalig di Indonesia yang menjadi penceramah tetap di Masjid Nabawi Saudi Arabia. Dia juga salah satu staf pengajar di Sekolah Tinggi Dirasat Islamiyah Imam Syafi’i Jember. Disamping itu dia juga aktif menjadi narasumber di Radio Rodja dan aktif mengisi beberapa pengajian akbar di Indonesia.
 
Kehidupan & pendidikan
 
Firanda Andirja lahir di Surabaya, 28 Oktober 1979. Masa kecil, SD hingga SMA dia habiskan di Sorong, Papua. Pada masa-masa selanjutnya, dia bersekolah sampai masuk S2 di Universitas Islam Madinah. Menamatkan kuliahnya dengan tesis أَجْوِبَةُ شَيْخِ الإِسْلاَمِ ابْنِ تَيْمِيَّةَ رحمه الله عَنِ الشُّبْهَاتِ التَّفْصِيْلِيَّةِ لِلْمُعَطِّلَةِ فِي الصِّفَاتِ الذَّاتِيَّةِ (Jawaban Ibnu Taimiyyah terhadap syubhat-syubhat terperinci yang berkaitan dengan sifat-sifat Allah dzatiyah yang dilontarkan oleh para penolak sifat), dan sedang menempuh S3. Dikenal mempunyai seorang istri bernama Rosmala Dewi Arifudin atau Ummu Abdil Muhsin. Dari hasil pernikahannya, dia mendapat 5 orang anak, putra dan putri.
 
Aktivitas
 
Ustadz Firanda Andirja saat ini masih menempuh program doktoral bidang Aqidah di Universitas Islam Madinah. Namun disamping itu, dia aktif di berbagai kegiatan dakwah di Saudi Arabia. Di antaranya dia dipercaya untuk menjadi pengisi pengajian rutin berbahasa Indonesia di Masjid Nabawi, Madinah. Yang tidak semua orang diizinkan pemerintah setempat untuk menjadi pengisi di sana.
 
Ustadz Firanda juga beberapa kali bertandang ke tanah air untuk mengisi tabligh akbar dan dia salah satu pengisi tetap di Radio Rodja secara jarak jauh dari kota Madinah. Dalam beberapa kesempatan dakwahnya di manhaj Salaf, sempatlah dia menulis bantahan-bantahan terhadap polemik dari Quraish Shihab, tokoh-tokoh serupa Ulil Abshar Abdalla, kaum takfiri -orang yang benar-benar sangat mudah mengkafirkan orang lain tanpa pikir panjang, dan membantah juga sejumlah tokoh haba’ib-haba’ib Indonesia yang kadangkala nyeleneh. Sampai saat ini, dia masih terus berdakwah dan mengadakan daurah ke seluruh Nusantara.
 
Hubungan dengan Syaikh Abdurrazaq hafidazhullah
 
Syaikh Abdur Razaq bin Abdul Muhsin al-Abbad adalah salah satu ulama kenamaan di Saudi Arabia. Syaikh Abdur Razaq juga merupakan dosen dari Ustadz Firanda di Universitas Islam Madinah. Lewat Ustadz Firanda lah, Syaikh Abdur Razaq beberapa kali bertandang ke Indonesia untuk menyampaikan tausiyah. Lewat dia juga, Syaikh Abdur Razaq bersedia menjadi pengisi rutin di Radio Rodja dengan bahasa Arab, dan diterjemahkan oleh Ustadz Firanda sendiri. Syaikh Abdur Razaq pun kerap meluncurkan pujian kepada Ustadz Firanda Andirja. Ketika tabligh akbar di Masjid Istiqlal, Syaikh Abdur Razaq menuturkan, “Saya sangat berterima kasih kepada Syaikh Firanda, karena acara ini terlaksana, di antaranya atas usaha dia. Selain itu, dia juga sering menerjemahkan ceramah-ceramah saya yang lainnya baik kajian yang disiarkan Radio Rodja maupun lainnya, mohon kalimat ini diterjemahkan karena sangat penting”
 
Karya tulis
 
1) Berjihad Melawan Riya Dan Ujub, penerbit Nashirus Sunnah
2) Kiat-Kiat Membahagiakan Istri Menjadi Suami Idaman, penerbit Nashirus Sunnah
3) Pesona Bidadari, penerbit Nashirus Sunnah
4) Ajaran Mahdzab Imam Asy-Syafi’i yang Ditinggalkan, penerbit Nashirus Sunnah
5) Banyolan Syi’ah Imamiyah, 33 Koleksi Lelucon Ulama Syi’ah, penerbit Nashirus Sunnah
6) Dari Madinah Ke Radio Rodja, penerbit Nashirus Sunnah
7) Ketinggian Allah Atas Makhluknya, penerbit Nashirus Sunnah
 
Sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Firanda_Andirja
 
Di ruang siang, Berugak Lenek, Rabu, 14/12/2106
 
[Marwan AM, Lc حفظه الله تعالى وغفر الله له ولوالديه ]
 
Bagikan :

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*