Tidak Cukup Hanya dengan Niat Ikhlas Saja

[[Seri 12] Mengungkap Kebenaran, Menindih Kebatilan]

Allah Ta’ala berfirman:

الَّذِي خَلَقَ الْمَوْتَ وَالْحَيَاةَ لِيَبْلُوَكُمْ أَيُّكُمْ أَحْسَنُ عَمَلا وَهُوَ الْعَزِيزُ الْغَفُورُ

Yang menjadikan mati dan hidup, supaya Dia menguji kamu, siapa di antara kamu yang lebih baik amalnya. Dan Dia Maha Perkasa lagi Maha Pengampun.” (QS. Al Mulk: 2)

Al Fudhail bin ‘Iyadh tatkala berkata mengenai firman Allah:

لِيَبْلُوَكُمْ أَيُّكُمْ أَحْسَنُ عَمَلًا

“Supaya Dia menguji kamu, siapa di antara kamu yang lebih baik amalnya.” (QS. Al Mulk: 2), beliau mengatakan, “yaitu amalan yang paling ikhlas dan paling showab (sesuai tuntunan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam).”

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

مَنْ عَمِلَ عَمَلاً لَيْسَ عَلَيْهِ أَمْرُنَا فَهُوَ رَدٌّ

Barangsiapa melakukan suatu amalan yang bukan berasal dari kami, maka amalan tersebut tertolak.” (HR. Muslim no. 1718)

Ibnu Mas’ud Radhiyallahu anhu berkata:

ولا قول وعمل إلا بنية ، ولا نية إلا بموافقة السنة

Perkataan dan perbuatan seorang hamba tidak akan bermanfaat kecuali dengan niat (ikhlas), dan tidaklah akan bermanfaat pula perkataan, perbuatan dan niat seorang hamba kecuali yang sesuai dengan Sunnah.” (HR: Ibnu Batthoh, Al-Ibanah,hal.2/803)

Beberapa poin penting:

• Syarat diterimanya amal harus sesuai Sunnah
• Tidak cukup hanya dengan niat ikhlas saja, namun juga harus sesuai Sunnah, keduanya harus ada. Agama itu akan tegak di atas keikhlasan Allah dan mengikuti tuntunan Rasulullah
• Bahaya bid’ah dan akibatnya yang merusak amalan
• Wajib belajar Sunnah dan mendakwahkannya
• Amalan bukan tergantung banyak atau kerasnya usaha, namun tergantung keselarasannya dengan Sunnah dan keikhlasan
• Firman Allah, hadist, dan perkataan ulama di atas menunjukkan keutamaan dan keistimewaan Sunnah
• Ahlussunnah adalah orang yang paling baik dan benar amalannya

Sabtu, 1 October 2016

[Marwan AM, Lc حفظه الله تعالى وغفر الله لوالديه]

Bagikan :

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*